YAYASAN “MANBAUL ULUM”MADRASAH IBTIDAIYAH MANBAUL ULUMLANTEK BARAT, GLIS – BANGKALANAkte Notaris : Lelly Mantiri, SH – No. 8 / 1998
|
PROFIL
MADRASAH IBTIDAIYAH MANBAUL ULUM
DESA LANTEK BARAT KEC. GALIS KAB. BANGKALAN
A. IDENTITAS MADRASAH
1. Nama Madrasah : MIS “Manbaul Ulum”
2. Nomor Statistik Madrasah : 112352607086
3. Alamat : Dusun Lantek
4. Desa / Kelurahan : Lantek Barat
5. Kecamatan : Galis
6. Kabupaten : Bangkalan
7. Propinsi : Jawa Timur
8. Kode Pos : 69173
9. Nomor Telpon : 03171492282
10. Daerah : Pedesaan
11. Tanggal dan Tahun Berdiri : 11 Juni 1965
12. Tahun Perubahan : 1987, 1993 dan 2002
13. Status Madrasah : Swasta
14. Kelompok Madrasah : Induk KKM
15. Akriditasi : B
16. Surat Keputusan / SK : No. Mm.28/05.03/PP.01.1/610/1993
17. Tanggal SK : 02 Agustus 1993
18. Penerbit SK (Ditanda Tangani) oleh : Depag Bangkalan ( Mahmud, BA.)
19. Kegiatan Belajar Mengajar : Pagi Hari
20. Bangunan Madrasah : Milik Sendiri
21. Status Tanah : Wakaf dan sudah bersertifikat
22. Lokasi Madrasah : Desa Lantek Barat
23. Jarak Kepusat Kecamatan : 5 Km
24. Jarak Kepusat Otoda : 21 Km
25. Terletak Pada Lintasan : Desa
26. Perjalanan/Perubahan Madrasah :
a. Madrasah Diniyah Masuk Sore : 11 Juli 1965 s/d 04 September 1987
b. Madrasah Ibtidaiyah Masuk Sore : 04 September 1987 s/d 15 Juli 2002
c. Madrasah Ibtidaiyah Masuk Pagi : 15 Juli 2002 s/d Sekarang
27. Organisasi Penyelenggara : Yayasan Pendidikan Islam “Manbaul Ulum”
B. SEJARAH SINGKAT MIS. MANBAUL ULUM
Berdasarkan sumber data, informasi dan dokumentasi yang tertulis, secara singkat dapat kami ceritakan sebagai berikut: Pada tahun 60-an masyarakat Lantek Barat merupakan masyarakat yang sangat tertinggal dengan tradisi yang cendrung sangat negatif. Hal ini akibat tidak adanya lembaga pendidikan yang dapat membina mereka. Melihat kondisi masyarakat yang seperti itu para sepuh atau tokoh masyarakat Lantek Barat berinisiatif untuk mendirikan Lembaga Pendidikan sebagai wadah pembinaan mental sepiritual mereka. Oleh karena itu pada tanggal 11 Juni 1965 dibentuklah panitia pembangunan Madrasah dengan susunan sebagai panitia sebagai berikut: Ketua P. Marsait. Wakil Ketua P.Maisun. Penulis Marki. Bendahara P.Maninten. Pembantu/Pengusaha P. M. Saleh, P. M. Cholil. Dan P. Fi’ih. Pembangunan Madrasah ini sangat singkat karena hanya menggunakan bahan yang sangat sederhana seperti papan kayu dan bambu.
Setelah bangunan Madrasah ini berdiri kemudian diberi nama Madrasah Diniyah Manbaul Ulum yang berorientasi pada penguasaan Ilmu Agama saja. Namun karena kondisi Madrasah yang terlalu sempit dan tidak cukup untuk menampung jumlah murid yang semakin bertanmbah, maka pada waktu itu terpaksa sebagian murid menempati amperan rumah dan mushallanya Pak Taha dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan fasilitas yang serba sederhana seperti daun kelapa yang dianyam dijadikan dinding pembatas dan alas tempat duduk.
Setelah kurang lebih 15 tahun memakai dan bertahan dibangunan yang amat sederhana ini, maka pada tahun 1980 baru dapat membangun gedung madrasah yang sederhana dan tempatnya dipindah keutara Masjid Asy-Syuhada’. Akan tetapi ditempat yang baru ini Madrasah Diniyah Manbaul Ulum Lantek Barat tidak bertahan lama karena lokasinya kurang luas dan kurang strategis. Disamping itu karena status tanah yang ditempati itu kurang jelas.
Pada tahun 1980 Madrasah Diniyah Manbaul Ulum Lantek Barat mendatapat tanah wakaf dari Buk Syafiyah seluas 1408m2. Akhirnya pada tahun itu juga gedung yang masih relatif baru dibangunn itupun dibongkar dan dipindahkan ketanah wakaf tersebut yang lokasinya kira-kira 75 meter keselatan Masjid Asy-Syuhada’. Pada tahun 1992 tanah wakaf ini disertifikatkan dengan Daftar isian 208 No.759/1992 dan Daftar Isian 307 No.1309/1992. dan Sertifikat Nomor: 12.13.07.17.1.00027. Diatas tanah seluas 1408m2 ini Gedung Madrasah Diniyah Manbaul Ulum Lantek Barat berdiri sampai sekarang.
Seiring dengan tuntutan dan perkembangan zaman serta bertambahnya murid dan dukungan masyarakat yang begitu kuat, maka pada tahun 1987 Madrasah Diniyah Manbaul Ulum yang berorientasi pada pendalaman Agama Islam saja itu, diakriditasi menjadi Madrasah Ibtidaiyah Manbaul Ulum dibawah naungan Kantor Departemen Agama Kabupaten Bangkalan berstatus Terdaftar dengan SK. Akriditasi No. Mm. 06.02/7.007/A/Ket./1987. Kurikulum yang dipakai adalah kurikulum yang diterapkan oleh pemerintah. Visi dan Misi pun berubah yang dulunya Madrasah Diniyah Manbaul Ulum yang lebih berorientasi pada pendalaman agama Islam saja, sekarang Madarasah Ibtidaiyah Manbaul Ulum lebih ditekankan pada peningkatan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT ( IMTAQ ) serta mencetak manusia yang menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( IPTEK )..
Pada tahun 1993 Madrasah Ibtidaiyah Manbaul Ulum Lantek Barat, Galis Bangkalan di akriditasi ulang kembali, dengan nomor SK. Mm. 28/05.03/PP.01.1/ 610/ 1993 akan tetapi karena pada waktu itu kondisi madrasah yang tidak ada perkembangan dan masih masuk sore hari, maka statusnya tetap Terdaftar. Pada akhir tahun 2002 Madrasah Ibtidaiyah Manbaul Ulum di Akreditasi ulang. Namun karena terbentur dengan peraturan pemerintah yang baru, akhirnya pengurus Madrasah tidak sampai mengetahui bagai mana hasil akriditasi ulang tersebut. Oleh karena itu, walaupun relatif baru diakriditasi, maka dipandang perlu untuk mengajukan akriditasi ulang kembali dan akhirnya mendapat akreditasi B
Demikianlah sejarah singkat berdirinya Madrasah Ibtidaiyah Manbaul Ulum Lantek Barat Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan, semoga menjadi arahan untuk pengembangan dimasa yang akan datang.
C. VISI DAN MISI MADRASAH IBITDAIYAH MANBAUL ULUM
1. Visi
KOMPETITIF RELIGIUS
2. Misi
Untuk merealisasikan visi tersebut diatas, perlu mengembangkan nilai-nilai sebegai berikut:
a. Peningkatan mutu lembaga dan mutu pendidikan
b. Pemahaman terhadap materi pelajaran
c. Persamaan dan kerukunan hidup
d. Kepribadian dan tanggung jawab
e. Keterampilan dan kesenian
3. Program
Sebagai tindak lanjut dari misi tersebut, maka perlu program sebagai berikut:
a. Lengkapnya sarana dan prasarana, teraturnya manajemen dan meningkatnya profesionalisme guru
b. Terbentuknya kelompok belajar dimasing-masing tempat / kampung agar minat baca dan pemahaman siswa semakin tinggi
c. Terciptanya toleransi diantara sesama
d. Terbentuknya pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab
e. Tersalurkannya bakat dan minat siswa
4. Kegiatan Sebagai Realisasi Program
Untuk mewujudkan program tersebut, perlu merealisasikan kegiatan sebagai berikut:
a. Merenovasi sarana dan prasarana yang kurang kondusif dan melengkapi segala kekurangannya, melengkapi manajemen, menertipkan administrasi sesuai dengan juklaknya dan mengadakan pembinaan terhadap guru
b. Menyajikan materi pelajaran secara efektif dan efisien, membiasakan semua siswa muthala’ah bersama secara istiqomah dan memberi penghargaan kepada siswa yang berprestasi
c. Meananmkan nilai-nilai akhlaqulkarimah dengan perilaku dan tutur sapa yang sopan serta memberi suri teladan yang baik
d. Melatih siswa dengan berbagai macam keterampilan berfikir, berucap dan berbuat.
T u j u a n
1. Setelah purna belajar dari Madrasah Ibtidaiyah Manbaul Ulum Lantek Barat, Siswa diharapkan dapat hidup mandiri dan bisa melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi dan tetap menjaga Akhlakul Karimah serta nama baik Al Mamater Madrasah.
2. Untuk membentuk pribadi muslim yang muttaqin dan menguasai ilmu pengetahuan dan tehnologi yang siap pakai ditengah-tengah masyarakat.
D. KONDISI OPYEKTIF MADRASAH
1. Keadaan Gedung / Bangunan
No | Jenis Ruang | Jumlah | Luas (m2) | Th. Di Bangun | Permanen | Seme Permanin |
Baik | Rusak Berat | Rusak Ringan | Baik | Rusak Berat | Rusak Ringan |
1 | | 1 | 2X2 | 1992 | 1 |
|
|
|
|
|
2 | Ruang Guru | 1 | 5X5 | 1992 | 1 |
|
|
|
|
|
3 | Ruang Kelas | 6 | 7,5X7,5 | 2000 | 3 |
| 3 |
|
|
|
4 | Ruang Perpus | 1 | 7,5X3 | 2000 | 1 |
|
|
|
|
|
5 | Ruang UKS | 1 | 2X2 | 1992 | 1 |
|
|
|
|
|
6 | Ruang TU | 1 | 2X2 | 1992 | 1 |
|
|
|
|
|
7 | Ruang Mushalla | 1 | 7,5X3 | 2000 | 1 |
| 1 |
|
|
|
8 | Ruang WC Murid | 1 | 3X3 | 1998 |
|
| 1 |
|
|
|
9 | Ruang Kamar Mandi | 1 | 3X3 | 1998 |
|
| 1 |
|
|
|
10 | Ruang Dapur | 1 | 5X6 | 2000 |
| 1 |
|
|
|
|
11 | Ruang Gudang | 1 | 5X6 | 2000 |
| 1 |
|
|
|
|
12 | Ruang OSIS | 1 | 4X2 | 2000 | 1 |
|
|
|
|
|
13 | Ruang |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14 | Ruang |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Keadaan Guru
No | Nama Guru | Tgl. Lahir | L/P | Pendidikan | Status | Bidang Study |
1 | MOH. ALI, S.Sos.I. | Bangkalan, 22/01/1980 | L | S-1 AKTA IV FAKULTAS DAKWAH IAIN SBY, 2006 | GTY | Aqidah, Fiqih |
2 | MUHAMMAD RUSDI | Bangkalan, 30/06/1975 | L | PONPES+PENYETARAAN KEJAR PAKET C, 2000 | GTY | Matematika |
3 | MARKHOSIB | Bangkalan, 18/01/1975 | L | PONPES+PENYETARAAN KEJAR PAKET C, 2000 | GTY | Baha Ingris, Bhs.Arab |
4 | ABDUR ROHMAN | Bangkalan, 06/02/1975 | L | PONPES+PENYETARAAN KEJAR PAKET B, 2001 | GTY | Bhs. Indonesia |
5 | ROKIB S.Ag. | Bangkalan, 04/10/1975 | L | S-1 AKTA IV FAKULTAS TARBIYAH IAIN SBY, 1999 | GTY | Al-Qur’an H. |
6 | SAFI’UDDIN | Bangkalan, 05/06/1977 | L | PONPES+PENYETARAAN KEJAR PAKET B, 2002 | GTY | IPA |
7 | MAKRUMAH | Bangkalan, 06/08/1979 | P | PONPES+PENYETARAAN KEJAR PAKET C, 2000 | GTY | SKI |
8 | RUBA’I | Bangkalan, 11/06/1979 | L | PONDOK PESANTRN,1999 | GTY | Bhs. Indonesia |
9 | MAHBUB GHAZALI | Bangkalan, 11/07/1975 | L | PONDOK PESANTRN,2001 | GTY | Pkn, Matematika |
10 | ABDUL MUNIB, S.Ag. | Bangkalan, 24/06/1974 | L | S-1 AKTA IV FAKULTAS DAKWAH IAIN SBY, 2001 | GTY | Bhs.Madura |
11 | MU'APA, S.Pd. | Bangkalan, 29/06/1986 | P | STIT AL-IBROHIMY GALIS, 2007 | GTY | IPS |
12 | SULIS WANTO. S.Pd. | Jombang, 24/08/1986 | L | STKIP BANGKALAN | GTY | Penjaskes |
13 | SITI ROHMATUL HASANAH, S.Pd.I. | Bangkalan, 10/06/1985 | P | STIT AL-IBROHIMY GALIS | GTY | Kertakes |
14 | NURUL QAMARIYAH S.Pd.I. | Bangkalan, 10/07/1983 | P | STIT AL-IBROHIMY GALIS, 2007 | GTY | Aqidah, Fiqih |
3. Jumlah Ketenagaan Menurut Jenisnya
No | Jenis Ketenagaan | Jenis Kelamin | Jumlah | Keterangan |
Laki-laki | Perempuan |
1 | Kepala Madarasah | 1 |
| 1 |
|
2 | Guru Kelas | 6 |
| 6 |
|
3 | Guru PAI | 1 |
| 1 |
|
4 | | 1 |
| 1 |
|
5 | Guru BP |
| 1 | 1 |
|
6 | Tata Administrasi | 1 |
| 1 |
|
4. Keadaan Siswa Tiga Tahun Terakhir
Tahun Pelajaran 2002 / 2003
No | Kelas | Laki-laki | Perempuan | Jumlah | Rombel | Jml Total |
1 | I | 15 | 30 | 45 | 1 | 45 |
2 | II | 25 | 17 | 42 | 1 | 42 |
3 | III | 23 | 40 | 63 | 1 | 63 |
4 | IV | 31 | 15 | 46 | 1 | 46 |
5 | V | 17 | 24 | 41 | 1 | 41 |
6 | VI | 8 | 22 | 30 | 1 | 30 |
Jumlah | 119 | 148 | 267 | 6 | 267 |
Tahun Pelajaran 2003 / 2004
No | Kelas | Laki-laki | Perempuan | Jumlah | Rombel | Jml Total |
1 | I | 20 | 24 | 44 | 1 | 44 |
2 | II | 19 | 21 | 40 | 1 | 40 |
3 | III | 23 | 14 | 37 | 1 | 37 |
4 | IV | 18 | 34 | 52 | 1 | 52 |
5 | V | 27 | 15 | 42 | 1 | 42 |
6 | VI | 10 | 19 | 29 | 1 | 29 |
Jumlah | 117 | 127 | 244 | 6 | 244 |
Tahun Pelajaran 2004 / 2005
No | Kelas | Laki-laki | Perempuan | Jumlah | Rombel | Jml Total |
1 | I | 12 | 17 | 29 | 1 | 29 |
2 | II | 20 | 24 | 44 | 1 | 44 |
3 | III | 19 | 21 | 40 | 1 | 40 |
4 | IV | 27 | 16 | 43 | 1 | 43 |
5 | V | 16 | 36 | 52 | 1 | 52 |
6 | VI | 13 | 12 | 25 | 1 | 25 |
Jumlah | 107 | 126 | 233 | 6 | 233 |
5. Fasilitas Lainnya
No | Fasilitas | Keadaan | Keterangan |
Ada | Tidak | Jumlah |
1 | Listrik | x |
| 1 | Baik |
2 | Telepon | x |
| 1 | Baik |
3 | Komputer | X |
| 4 | Baik |
4 | Proyektor | x |
| 1 | Baik |
5 | TV | x |
| 1 | Baik |
6 | VCD | x |
| 1 | Baik |
7 | Sound System | x |
| 1 | Baik |
8 | Tape Rekorder | x |
| 1 | Baik |
9 | Lap. Olah Raga | x |
| 2 | Baik |
10 | Sarana Olah Raga | x |
| 8 | Baik |
11 | Alat Kesenian | x |
| 4 | Baik |
12 | Dispenser | x |
| 1 | Baik |
13 | Sound System | x |
| 1 | Baik |
14 | Tape Rekorder | x |
| 1 | Baik |